Source here


| Baca juga : Stereographic Photo Ala Ijaah


Seperti janji saya sebelumnya, saya akan menuliskan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat stereographic photo. Sebelum memulai, ada baiknya mengambil gambar dengan teknik panorama. Postingan ini tidak akan menuliskan semua aplikasi stereografik sebab semua aplikasi memiliki  kesamaan.


Tanpa berlama-lama, berikut adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat stereographic photo. Enjoy!  


1. Living Planet  

Ini adalah aplikasi stereografik pertama yang saya gunakan. Aplikasi berbayar ini dapat kita unduh di Appstore. Living  Planet menawarkan 3 pilihan bentuk stereografik, yaitu tiny planet, wormhole dan video. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa filter untuk mempercantik tampilan foto.

Living Planet available on iTunes

Saya berusaha mencari nama Living Planet di Play Store, namun ternyata aplikasi tersebut tidak tersedia. Nampaknya aplikasi ini baru terdapat di Appstore (cmiiw). Namun tenang saja, aplikasi stereografik seperti ini banyak terdapat di Android.


2. Tiny Planet

Aplikasi ini saya gunakan juga untuk membuat foto stereografik. Tiny Planet yang dimaksud adalah produksi infoding.com. Aplikasi ini berbayar dan tersedia di iTunes. Sama seperti Living Planet, Tiny Planet menawarkan 3 bentuk stereografik yaitu tiny planet, rabbit hole dan video.

Tiny Planet


Saya kembali mencari Tiny Planet di Play Store dan kali ini pencarian saya berhasil : aplikasi Tiny Planet tersedia di Android. Namun setelah saya amati, developer aplikasi Tiny Planet di Android bukan infoding (seperti yang saya gunakan). Meski begitu, aplikasinya tetap memiliki kesamaan.


3. Pluto Camera

Berbeda dengan 2 aplikasi di atas, Pluto Camera dapat diunduh secara gratis di Appstore. Terdapat banyak filter dalam aplikasi ini. Ada juga optimasi untuk selfie. Aplikasi ini belum ada di Play Store.


4. RollWorld

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di iTunes. RollWorld memiliki fitur A-B Morph yang memungkinkan user melihat transformasi bentuk foto stereografik.

 
5. Little Planet


Aplikasi ini tersedia di Play Store dan memiliki review yang bagus. Saya rasa ini aplikasi stereografik yang bagus untuk Android. Asyiknya, aplikasi ini memungkinkan user untuk mengedir hasil stereografik seperti zoom, twist, wrap, rotate, bulge dan lain sebagainya.


6. Photoshop



Kalau aplikasi ini mah udah pasti ya. Saya sendiri belum pernah coba untuk membuat stereografik di Photoshop karena tidak bisa :D. Namun kita bisa melihat dan belajar cara pembuatannya di Youtube.


Nah, itulah aplikasi untuk membuat foto menjadi bentuk stereografik a.k.a tiny planet. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berkarya! 


~ Zahra Rabbiradlia ~

You might also enjoy:

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *