Jika bertandang ke Surabaya, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Masjid Ampel. Tak hanya untuk beribadah, di sini kita dapat berziarah ke makan Sunan Ampel yang merupakan pendiri Masjid Ampel sekaligus bagian dari Wali Songo. Ada pula jajaran pedagang di sepanjang Kampung Ampel yang dapat kita jadikan destinasi wisata belanja dan kuliner.

Saya bertandang ke Kampung Ampel saat sore hari. Maka selepas melaksanakan sholat Ashar berjamaah, saya berziarah ke pusara Raden Ahmad Rahmatullah atau yang lebih dikenal dengan Sunan Ampel. Selain itu, ada pula makam istrinya yakni Dewi Condrowati dan beberapa santrinya. Saya cukup beruntung karena dapat mengunjungi semua pusara di sana, termasuk pusara Mbah Bolong atau Sonhaji yang konon kabarnya memiliki keistimewaan mampu melihat Kabah saat menentukan arah kiblat.
Saat berkunjung ke sana, ada banyak sekali peziarah yang datang. Kabarnya setiap bulan Ramadhan, pengunjung yang datang ke masjid ini bisa berkali-kali lipat jumlahnya. Sungguh saya tak dapat membayangkan betapa ramainya masjid ini saat bulan penuh keberkahan itu datang, sebab kedatangan saya kala itu pun sudah cukup membuat kawasan menjadi begitu penuh.

Bicara soal wisata kuliner, ada banyak sekali panganan tradisional Indonesia dan kuliner khas Arab di sepanjang jalan di Kampung Ampel. Ada pula toko yang menjual cinderamata khas Jawa Timur dan pernak-pernik muslim seperti peci, gamis, mukena, parfum dan lain sebagainya.

Di sepanjang jalan di Kampung Arab itu, saya menemukan pedagang yang menawarkan jasa untuk menghias henna. Tak mau melewatkan kesempatan, saya menyetujui tawaran mereka untuk menghias tangan dan kuku saya. Alangkah kreatifnya mereka saat menghias tangan saya. Cantik!

Perjalanan ke Komplek Ampel ini hanya satu dari rangkaian perjalanan saya di Surabaya. Sudah tiga kali saya ke Surabaya dan rasanya tak pernah bosan mengunjungi kota metropolitan ini. Masih ada kuliner dan destinasi wisata Surabaya yang belum saya coba. Ingin pula merasakan transformasi Surabaya yang semakin indah dan moderen. Semoga kelak saya bisa ke Surabaya lagi bersama keluarga kecil saya.

Perihal urusan perjalanan ke Surabaya ini, untung saja persiapan perjalanannya tidak repot. Dari awal perencanaan, saya tak mau kewalahan saat booking tiket pesawat. Mengapa? Sebab saya tidak mau kesusahan mencaritiket pesawatmurah. Inginnya semua serba mudah, instan dan dalam satu genggaman. Maka dalam setiap rencana perjalanan, saya selalu melakukannya di dalam satu aplikasi perjalanan seperti Pegipegi.

Selain perjalan ke Surabaya, saya memilih aplikasi Pegipegi untuk perjalanan bisnis saya saat sedang bekerja dulu seperti ke Palembang dan Jambi. Ada banyak keuntungan mengapa saya memilih Pegipegi untuk merencanakan perjalanan baik untuk jalan-jalan atau urusan pekerjaan, yakni:

  • User friendly. Saya jamin, untuk orang yang baru pertama kali pesan tiket pesawat online, pasti dapat langsung bisa menggunakan aplikasi Pegipegi. Adalah karena semua opsi produk dibentuk dalam format thumbnail yang disertai gambar yang menarik.
  • Banyak diskon anti ribet. Ini adalah keunggulan Pegipegi yang paling saya sukai. Contohnya dalah potongan langsung tiket pesawat tanpa kode promo dan bisa digabung dengan promo lain. Asyik sekali bukan?
  • Ada rekomedasi kuliner dan destinasi wisata.
  • Pilihan warna dalam apps yang meningkatkan mood yakni warna oranye dan abu.
Keuntungan diskon yang menarik tersebut bisa kita dapatkan dalam aplikasi Pegipegi versi minimum 2.8.0 untuk Android dan 2.8.1 untuk iOS. Namun saya pribadi telah meng-update Pegipegi apps ke dalam versi terbaru 2.9.0 (Android) untuk perjalanan berselancar yang lebih menyenangkan bersama Pegipegi.
Saya pribadi merasa puas selama menggunakan aplikasi Pegipegi karena tidak ribet dan banyak diskon. Kalau teman-teman, sudah pernah menggunakan aplikasi Pegipegi? Jika belum, yuk jangan sampai ketinggalan serunya merencanakan perjalan di Pegipegi.
Mau booking pesawat?
Pegipegi aja yuk!
***
Sumber foto : Pribadi dan Republika.co.id (foto pertama)
~Zahra Rabbiradlia~

You might also enjoy:

0 Comments

  1. Aku belum pernah nih berkunjung ke masjid Ampel. Ternyata wisata religi itu bisa seru juga yaa. Oya itu henna-nya cantik banget mbak. Aku pernah dipakein henna tapi pas udah selesai akunya gak sabaran gerak-gerak eeh jadi kecoret deh. Kalau kulinerannya yang rekomen apa aja kak?

  2. Masyaa Allah, pengen banget bisa wisata religi spt ini. BTW, saya pernah ke Surabaya tapi belum pernah mampir ke masjid Ampel. Sayang banget, krn wkt itu hanya sebentar sih di Surabayanya.

  3. Kalo k Surabaya, ingin travelling niat ah. Soalnya kan dulu pernah kuliah d Malang jadinya suka k Surabaya tp cuma setengah hari doang dan mall mall juga yg d kunjungin. Seru sih kalo bisa k masjid Ampel ini

  4. aku juga pakai Pegipegi mbak, banyak promonya.
    Ke ampel kayaknya udah lamaaa bangett, hari biasa aja ramai apalagi kalo pas bertepatan dengan hari raya Islam

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *