Sumber : Shutterstock
Jika Anda pecinta nasi goreng, jangan ketinggalan mencicipi berbagai variasi nasi goreng kekinian yang populer ini. Rasanya pun tidak kalah dengan nasi goreng biasa.
 
***

Nasi goreng adalah sajian makanan yang sangat populer dan akrab bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya cara pengolahannya yang mudah dan praktis, tetapi rasanya juga enak dan lezat. Itulah sebabnya, nasi goreng sering menjadi menu pilihan, baik dalam makanan keluarga maupun pada acara-acara spesial.

Nasi goreng sederhana pada umumnya terdiri atas bahan-bahan dasar seperti nasi, telur, daging ayam atau daging sapi. Bumbu halus yang digunakan pun standar, seperti bawang putih, bawang merah, kecap manis, dan saus. Seiring dengan berkembangnya industri kuliner, olahan nasi goreng semakin variatif bahkan unik, baik dari segi bentuk maupun topping. Berikut beberapa di antaranya:

1. Nasi Goreng Sushi

Apa yang terjadi jika kuliner Jepang dan Indonesia dipadukan? Salah satu contohnya adalah saat olahan nasi goreng digabungkan dengan sushi. Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri atas nasi dan lauk yang kemudian dibungkus dengan nori. Bedanya, pada Nasi Goreng Sushi, nasi yang digunakan telah digoreng terlebih dahulu. Ada sejumlah restoran yang menyajikan nasi goreng ini untuk pelanggannya.

Hal yang perlu diperhatikan saat memasak Nasi Goreng Sushi adalah tekstur nasinya. Pasalnya, untuk membuat sushi, nasi harus bisa dikepal dan digulung, baru kemudian dipotong-potong. Untuk melancarkan proses tersebut, nasi tidak boleh terlalu lembek maupun terlalu keras. Nasi Goreng Sushi menawarkan sensasi baru saat menyantap nasi goreng.

2. Nasi Goreng Hitam

Biasanya, olahan nasi goreng berwarna kecoklatan karena tambahan saus dan kecap. Namun, saat ini ada pula nasi goreng yang berwarna hitam. Warna gelap pada nasi tersebut bukan pewarna makanan, tetapi dari tinta cumi dan aman untuk dimakan. Karena unik, banyak orang penasaran dengan rasa Nasi Goreng Hitam ini.

Resep nasi goreng hitam sebenarnya hampir sama dengan resep nasi goreng biasa. Bahan-bahan utamanya antara lain nasi, saus tiram, kepala cumi dan tintanya, dan berbagai bumbu halus lain. Untuk mendapatkan warna hitam pada nasi goreng, Anda hanya perlu memasukkan cumi beserta tintanya setelah menumis bumbu halus.

3. Nasi Goreng Selimut

Seperti selimut, nasi goreng ini seolah-olah sedang diselimuti oleh sehelai telur dadar. Karena penyajiannya yang unik, Nasi Goreng Selimut kerap disajikan sebagai bekal anak-anak atau pada acara spesial. Meskipun rasanya tidak jauh berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, bentuknya yang anti mainstream membuat nasi goreng ini memiliki nilai lebih.

Nah, jika ingin membuat sendiri Nasi Goreng Selimut, Anda harus menggoreng telur dengan teknik dadar. Selanjutnya, tuang nasi goreng ke atas telur. Lipat ujung-ujungnya hingga seluruh nasi goreng tertutupi. Balikkan adonan tersebut hingga ujung-ujung telur tidak tampak. Sebagai pemanis, sayat bagian atas dan letakkan sayuran atau lalapan.

4. Nasgor Something

Sungguh unik cara menyantap nasi goreng di salah satu kafe di Jakarta ini. Disebut Nasi Goreng Something karena Anda harus memilih sendiri bahan untuk racikan nasi goreng, mulai dari nasi putih, pewarna, hingga topping yang diinginkan. Semua bahan tersebut telah disediakan sehingga Anda hanya perlu mengaduknya. Setelah tercampur semuanya, barulah olahan nasi goreng siap disantap.

Karena bahan-bahan yang digunakan tergantung pada pilihan pelanggan, nasi goreng yang disajikan di tempat ini berbeda satu sama lain, baik dari segi warna maupun rasanya. Penyajiannya pun di atas hot plate sehingga tetap hangat dan enak saat disantap.

5. Nasi Goreng Keju

Olahan nasi goreng lainnya adalah Nasi Goreng Keju. Seperti namanya, pada resep nasi goreng harus ditambahkan parutan keju yang banyak sehingga menghasilkan rasa gurih yang kental. Bukan hanya sebagai topping, keju juga bisa dimasukkan sebagai bahan utama saat pengolahan. Hasilnya adalah nasi goreng yang rasanya sangat gurih dan lezat.

Bagi Anda pecinta keju, olahan Nasi Goreng Keju ini tentu sangat menggugah selera. Karena cara membuatnya tidak terlalu sulit, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Namun, jika ingin lebih praktis, Anda bisa berkunjung ke restoran-restoran yang menawarkan menu ini. Dengan menggunakan Shopback, Anda bisa mendapatkan cashback yang menguntungkan.

Nah, inilah sejumlah varian nasi goreng kekinian yang enak dipandang sekaligus lezat. Tertarik untuk mencobanya?

You might also enjoy:

0 Comments

  1. Uwaaah…saya penggemar nasi goreng!

    Dulu pernah ada di TV yang bikin nasi goreng bumbu rawon. Gelap hasilnya.

    Tapi kl nasi goreng hitam di sini pake tinta cumi, ya?

    Rasanya mungkin kayak nasi goreng seafood gitu, ya?

  2. Iya ya, zaman sekarang mah pada kreatif orang teh. Bikin nasi goreng dimacem-macemin. Dulu mah yang namanya nasi goreng ya nasi digoreng pake kecap manis, dan telor ceplok. Udah, enak. Sekarang digini-gitu. Rasanya jadi bervariasi.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *