Sejatinya, diet adalah mengatur pola makan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Diet ditujukan tak hanya untuk mencapai bentuk badan ideal, tetapi juga membantu proses penyembuhan penyakit seperti jantung, diabetes, stroke, dan lainnya. Pada ibu hamil dan menyusui, diet bertujuan tak hanya untuk langsing, tetapi lebih kepada pemenuhan gizi seimbang bagi ibu dan bayi

Karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral harus ada dalam setiap waktu makan. Nasi sebagai salah satu sumber karbohidrat, memiliki kandungan nutrisi yang baik. Selain itu, nasi adalah sumber pangan utama Indonesia yang penduduknya tak bisa lepas dari nasi. Namun sayang, indeks glikemik yang terkandung di dalamnya, membuat nasi dicap tak baik dikonsumsi saat diet.

Lalu, bagaimana cara bijak agar bisa makan nasi tanpa takut gemuk?

Perkenalkan, inilah dia Rice Cooker Digital Low Sugar Sekai. Penanak nasi yang dapat mengurangi gula pada nasi hingga 50%!

Mau tahu fitur lengkapnya? Simak artikel ini hingga tuntas, ya!

 

Pengalaman Tak Menyenangkan
Ketika Diet Tanpa Nasi

Aku jadi tahu bagaimana rasanya menjadi gemuk setelah melahirkan sebanyak tiga kali. Rasanya badan jadi berat, pinggul pegal, lutut ngilu, dan kaki terasa nyeri. Ingin rasanya kembali back in shape agar badan kembali ringan. Namun keinginanku untuk menyusui anak-anak sepenuhnya telah menahanku untuk menurunkan BB secara drastis. Lagipula ketika menyusui, BB-ku turun secara alamiah meski belum mencapai BB ideal.

Aku pernah mencoba beberapa jenis diet. Di awali dengan Diet Kenyang yang melarang konsumsi nasi dalam prakteknya. Aku merasa tak cocok dengan diet ini karena masih ada keinginan makan  nasi.

Lalu kucoba diet keto yang katanya aman untuk busui. Selama diet keto, tak boleh ada nasi yang dikonsumsi sebab nasi dapat meningkatkan glukosa darah yang menghambat proses ketosis. Jadi aku lebih banyak makan lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan, juga protein hewani atau nabati.

Namun ketika mencapai fase ketosis, aku jadi lemas dan mood berantakan. Padahal aku sedang menyusui dan mengasuh anak-anak. Lagi, diet tanpa nasi tak cocok untukku. Aku heran, mengapa nasi seringkali dicap buruk pada beberapa juklak diet?

 

 

Rupanya, kandungan gula yang tinggi pada nasi adalah penyebabnya. Padahal nasi bukan satu-satunya yang disalahkan ketika kamu menjadi gemuk. Asal dalam porsi wajar, nasi menjadi sumber karbohidrat yang baik. Lagipula, nasi bukan hanya nasi putih kan? Ada nasi merah yang indeks glikemik-nya rendah dan mengandung serat lebih banyak. Nasi juga mengandung sumber vitamin B kompleks dan mineral yang baik untuk tubuh. Jadi, menghindari nasi bukan cara yang tepat ketika diet.

Setelah riset sana sini, aku memutuskan untuk memulai defisit kalori ketika bayi keduaku berusia 1,5 tahun. Ya, aku selalu memulai di usia itu karena frekuensi menyusui mulai berkurang. Dengan diet defisit kalori, aku masih bisa makan nasi dengan porsi yang wajar sesuai target kalori harianku.

Bagiku nasi bukanlah momok yang harus dihindari. Justru dengan tetap makan nasi, aku bisa mengontrol nafsu makan dan kualitas ASI-ku terjaga. Sudah saatnya kita menangkis pelabelan buruk pada nasi karena faktanya, nasi punya banyak kebaikan untuk tubuh. Lagipula, kita orang Indonesia, bukan?

Nasi, Jantungnya Pangan Indonesia

“Orang Indonesia itu, gak makan klo belum makan nasi!

Ya, nasi adalah budaya makan Indonesia. Tanpa nasi, orang Indonesia tidak bisa menikmati lezatnya rendang, gulai, sate, soto, atau makanan lain yang memang enaknya dimakan dengan nasi. Toh, nasi memiliki segudang manfaat bagi tubuh yakni:

Nasi adalah makanan pokok di banyak negara, termasuk Indonesia. Dalam 180 gram nasi,
terkandung 50 gram karbohidrat.

Nasi mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, serat,
dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Kandungan mangan dalam nasi berperan penting dalam mengatur kinerja otak.
Kandungan glukosa dalam nasi dibutuhkan otak sebagai bahan bakar.

Magnesium yang dikandung nasi berperan penting dalam membentuk struktur tulang dan kontraksi otot.
Mangan juga membantu kerja sistem saraf dan enzim-enzim dalam tubuh.

Sudah jelas, bukan? Nasi memiliki banyak kebaikan untuk tubuh. Namun dengan catatan harus dikonsumsi dalam batas wajar. Nasi bisa jadi penyakit kalau dimakan berlebihan atau dibarengi makanan tinggi lemak jenuh. Hal yang perlu diperhatikan dari konsumsi nasi adalah kandungan gula yang ada di dalamnya.

Sayangnya, kebanyakan masyarakat Indonesia tak mampu mengonsumsi nasi dalam batas wajar. Hal ini dikarenakan nasi cenderung mudah didapat, murah, dan enak disantap dengan lauk apapun.

Berdasarkan temuan dari Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), konsumsi nasi di Indonesia jauh mengungguli sumber karbohidrat lain, seperti jagung, sagu, ubi, dan singkong. Bayangkan, konsumsi nasi per orang dalam sebulan mencapai 6,7 kg! 

Menurut International Diabetes Federation (IDF), dominasi nasi yang terjadi di Indonesia dapat menyumbang penyakit diabetes, jantung, serta obesitasSebagai informasi, IDF melaporkan ada sekitar 19,46 juta penderita diabetes di Indonesia pada tahun 2021. Jumlah ini naik 167% dibanding tahun 2011 sebesar 7,29 juta!

Padahal jika menilik pada penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2019, negara-negara yang menjadikan nasi putih sebagai makanan pokoknya (Jepang, Cina, dan Korea), memiliki risiko obesitas lebih kecil dibanding negara lain dengan makanan pokok selain nasi (Amerika Serikat). Jadi sebenarnya, konsumsi nasi putih itu tidak langsung membuat orang jadi obesitas, lo!

Bila masyarakat Indonesia tak pandai menakar nasi dalam batas wajar, bencana penyakit akan selalu terjadi. Namun untuk dapat menahan diri untuk tidak terlalu banyak makan nasi, agaknya itu PR yang amat sulit mengingat nasi adalah jantungnya pangan Indonesia. Lalu, bagaimana cara yang bijak untuk menyikapi ini?

Solusi Makan Nasi Tanpa Takut Gemuk

Jika kamu termasuk yang tidak bisa makan tanpa nasi, ada dua cara untuk mengakali agar kandungan gula dalam nasi menjadi turun. Pertama dengan meningkatkan kadar pati resisten dalam nasi agar gula terjebak dan sulit dicerna tubuh. Hal ini menjadikan nasi bernilai sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan dan jadi sumber energi bakteri baik di dalam usus. Kedua dengan memisahkan air tajin agar kandungan gula dalam nasi menurun.

Adapun solusi lengkap makan dan masak nasi anti gemuk adalah:

Konsumsi nasi 1/4 piring saji atau segenggam tangan

Berdasarkan rekomendasi Kemenkes RI, jumlah nasi yang dikonsumsi per piring saji tidak lebih dari 100 gram atau 8-10 sendok makan. Jumlah kalori hanya 175 kkal lho. Porsi ini dijamin tidak akan membuat gemuk.

Kombinasikan dengan nutrisi sehat lainnya

Makanlah nasi beserta lauk sehat yang mengandung protein, lemak sehat, dan serat dalam jumlah seimbang. Perbanyak juga konsumsi air. Dengan begitu, rasa kenyang akan bertahan lama. Ini pun cara preventif agar kita tidak menambah nasi ketika makan.

Menambahkan minyak kelapa murni ketika memasak nasi

Di dalam beras terdapat pati resisten (tidak dapat dicerna) dan pati non-resisten (bisa dicerna). Penambahan minyak kelapa dapat mengubah struktur pati non-resisten manjadi resisten sehingga sistem pencernaan tidak bisa mengurai pati menjadi gula. Hal ini bisa meminimalisir efek gula terhadap tubuh.

Dinginkan nasi, baru hangatkan ketika akan makan

Nasi panas yang baru dimasak memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Oleh karenanya, masukkan dulu nasi ke dalam kulkas selama 12 jam, baru dihangatkan ketika akan dimakan. Sebab ketika dingin, ikatan gula menjadi semakin ketat dan sulit dicerna. Uniknya ketika dihangatkan kembali, struktur pati tidak berubah.

Memisahkan air tajin ketika memasak nasi

 Memisahkan air tajin yang mengandung gula tinggi dapat menurunkan kadar gula dalam nasi hingga 50%. Air tajin yang dipisahkan bisa digunakan untuk MPASI bayi.

Dari kelima cara di atas, memisahkan air tajin dari nasi dirasa paling efektif meminimalisir gula. Jika kamu berpikir memasak nasi dengan cara seperti ini ribet, berarti kamu harus kenal dengan rice cooker satu ini.

Inilah dia Sekai Rice Cooker Low Sugar, penanak nasi yang mampu mereduksi gula dalam nasi!

Sekai Rice Cooker Low Sugar

Sahabat Sejati Si Pejuang Diet!

Makan nasi sepuasnya tanpa gemuk dengan Sekai Rice Cooker Low Sugar yang mampu menurunkan gula dalam nasi hingga 50%! 

Menawarkan 2 varian Rice Cooker Low Sugar, yakni Serela CMW 720 LS dan Serela CMW 522, Sekai Rice Cooker membuat perjalanan sehatmu terasa mudah.

Lalu, apa saja kelebihan Sekaihome.co.id ini?

 

Menggunakan Teknologi Drain System yang Mampu Menurunkan Gula dan Karbo Sebanyak 50%

Tak perlu takut gemuk lagi! 

Teknologi drain system dalam Sekai Rice Cooker Low Sugar mampu mereduksi gula dan kalori sampai 50% dari rice cooker biasa. Kelebihan ini menjadikan kualitas nasi yang dihasilkan Sekai Rice Cooker Low Sugar sangat aman bagi penderita diabetes maupun mereka yang sedang diet. 

Kelebihan ini dibuktikan dengan Lab Inspection Report yang menjadikan Sekai Rice Cooker Serela CMW 720 LS dan Serela CMW 522 resmi tersertifikasi low sugar karena lulus uji laboratorium.

Punya Teknologi Anti Basi Hingga 48 Jam

Sumber: Shopee Sekai

Teknologi 3D Heating elemen membuat Sekai Rice Cooker punya kemampuan tahan basi hingga 48 jam. Teknologi ini mampu menjaga suhu panas nasi secara otomatis dan memanaskan nasi dari berbagai sisi.

Digital Multi Function Rice Cooker

Sumber: Shopee Sekai

Dengan Sekai Rice Cooker, kamu tak hanya bisa memasak nasi. Aneka sajian berupa sup, kue, bubur, bubur bayi, bahkan yoghurt pun bisa dimasak dengan varian Serela ini. Kalau sudah begini, perjalanan diet jadi serba menyenangkan karena aneka masakan bisa dimasak dengan Sekai Rice Cooker.

Serela CMW 720 LS memiliki 6 fungsi masak (masak nasi, low sugar, bubur, sup, kue, menghangatkan makanan), sedangkan Serela CMW 522 memiliki 8 fungsi masak (masak nasi, low sugar, yoghurt, bubur bayi, bubur, sup, kue, menghangatkan makanan)

Uniknya lagi, tombol fungsi dalam rice cooker ini mudah ditekan (easy touch screen) dengan layar digital yang memudahkan pengguna ketika menggunakannya.

Desain Cantik, Daya Rendah, dan Aman

Sekai Rice Cooker
Sumber: Shopee Sekai

Tipe Serela 720 LS memiliki kapasitas 1L beras dan 3L nasi. Ada  5 varian warna yang tersedia yakni hitam, hijau, pink, ungu, dan putih. Rice cooker ini cocok untuk kamu yang berjiwa muda.

Sedangkan Serela 522 berkapasitas 2L beras dan 5L nasi. Tipe ini menawarkan 3 varian warna elegan, yakni hitam, merah, dan gold.

Kedua tipe ini hanya membutuhkan daya rendah sebesar 500 watt. Selain itu, rice cooker ini dilengkapi dengan sekring pengaman.

Panci Anti Lengket, Pengukus Food Grade

Sumber: Shopee Sekai

Sekai Rice Cooker dilengkapi dengan 5 lapis inner pot yang menjadikan panci super anti lengket dan anti gores. Selain itu, pengukus nasi-nya terbuat dari stainless food grade yang tahan lama.

Fitur top lid yang ada di bagian atas mampu menjaga uap air agar tidak langsung menetes ke permukaan nasi.

"Semenjak pakai Rice Cooker Low Sugar dari SEKAI aku dan keluarga nggak perlu takut lagi makan nasi putih karena Rice Cooker ini mampu menurunkan kadar gula dan kalori dalam nasi hingga 50%"
Ayu Ting-Ting
Artis dan Penyanyi

Lihat, dengan fitur terbaik yang ditawarkan Sekai Rice Cooker Low Sugar, rasanya perasaan takut untuk makan nasi takkan ada lagi. Mengapa? Sebab teknologi di dalam Sekai Rice Cooker Low Sugar mampu mengempaskan si biang kerok kegemukan, yakni gula 🙂

Untuk kalian yang ingin hidup sehat dan diet bersama Sekai Rice Cooker, dapatkan produknya di belanja online ya! Jangan lewatkan juga untuk follow dan ikuti feed Instagram Sekai karena banyak info dan promo menarik disana.

Jelas sudah. Untuk bisa get back in shape, Sekai Pilihanku. Dengan Sekai Rice Cooker, perjalanan dietku terasa lebih menyenangkan 🙂

Sumber:

-https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/nasi-putih-bikin-gemuk-ini-faktanya

-https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/30/konsumsi-sumber-karbohidrat-di-indonesia-peneliti-ingatkan-dampak-dominasi-nasi

-https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/06/124800371/tips-memasak-nasi-putih-rendah-gula-dari-dosen-ipb-yuk-coba-di-rumah

-https://cobisnis.com/sederet-keunggulan-rice-cooker-digital-low-sugar-sekai-bikin-para-artis-cantik-kompak-menggunakan/

Grafis: Zahra Rabbiradlia

13 Comments on Get Back In Shape Bersama Sekai Rice Cooker Low Sugar

    Tetty Hermawati
    April 11, 2023

    aku dulu gak makan nasi pas mau diet, eh ternyata ga bagus juga skip nasi, makanya aku tetep makan nasi asal ngga kalap aja, hehe. Emang sih nasi ini sulit banget dipisahkan dari hidup orang indonesia/asia, jadi mau gimana pun tetep aja harus makan nasi setiap hari

    0
    0
    winda - dajourneys.com
    April 12, 2023

    aku pernah denger nih tentang rice cooker yang bikin nasi jadi lebih sehat, ternyata sekai rice cooker tuh salah satunya ya

    0
    0
    indah SAVITRI
    April 13, 2023

    desainnya cantik ya, sleek and elegant.. dan ada yang unguuu lagi. Aku suka bangeeet hehehe

    0
    0
    Ida Tahmidah
    April 13, 2023

    Kebetulan lagi perlu bacabaca ini jadi tertarik nih.... yang punya aku sekarang kekecilan jadi kadang hanya untuk sekali makan. Ini keren bisa bikin jadi low sugar ya...

    0
    0
    Fenni Bungsu
    April 13, 2023

    Karena sudah familiar, belum terasa makan kalau belum makan nasi ya kak hehe. Makanya memang perlu disiasati agar konsumsi makan nasi ini sesuai porsinya pakai rice cooker andalan nih

    0
    0
    Lita Chan Lai
    April 13, 2023

    Teknologi makin canggih aja ya. Masa bisa sih nasi jadi rendah kalori. Emang nih orang indonesia ga bisa jauh dari nasi. Susah deh buat diet2an. Untungnya ada rice cooker rendah kalori ini.

    0
    0
    Eni Martini
    April 13, 2023

    Bagus banget ya mb bisa jadi nasi yang kita masak memiliki kalori rendah gitu? Canggih banget , mana desainnya juga cantik bikin gemes. Warnanya juga bagus

    0
    0
    Allaely Hardhiani
    April 13, 2023

    Wah, zaman makin canggih aja nih, skrang ada penanak nasi yg bs mereduksi gula. Membantu banget buat yg diet dan punya penyakit diabetes. Jadi pengin beli juga nih . Modelnya juga kece lagi....

    0
    0
    April Hamsa
    April 13, 2023

    Wah iya kalau menyusui baiknya malah jangan diet2an mbak soalnya nutrisi yang kita makan ngaruh ke kualitas ASI.
    Rice cooker zaman sejarang makin bagus2 ya fiturnya, gak cuma buat masak nasi aja tapi bisa untuk memasak yang lain udah gtu ada yang bisa bikin makanan yang dimasak jd low sugar jg thx infonya

    0
    0
    lendyagassi
    April 13, 2023

    Rice cooker andalan.
    Karena gak hanya low sugar yang bikin sehat bagi yang mengkonsumsinya, juga hemat listrik. Jadi banyak banget yang bikin happy kalau menggunakan produk rice cooker SEKAI.

    0
    0

Leave A Comment