Bahasa Inggris adalah paspor. Ia adalah pintu ajaib yang dapat membawa kita kemana saja, menjelajahi dunia. Sepintar apapun kita, tanpa ilmu komunikasi dalam Bahasa Inggris yang baik, ide-ide segar itu hanya akan terus bertengger di kepala. Tak sempat ditunjukkan pada dunia hanya karena tak mampu meraciknya dalam Bahasa Inggris.

Oleh karenanya, kini belajar Bahasa Inggris adalah kebutuhan. Ada banyak nilai baik yang diraih ketika kecakapan berbahasa Inggris sudah digenggam. Dari mulai mendapat jejaring antarbangsa, peluang mendapat karir dan pendidikan internasional, hingga punya kesempatan besar untuk mengharumkan nama bangsa di pentas global.

Ya, Bahasa Inggris adalah lingua franca dunia, yang memainkan peranan vital dalam berbagai aspek kehidupan global. Oleh karenanya, mempersiapkan anak dengan pendidikan Bahasa Inggris adalah kebutuhan yang tak terelakkan.

Cakap, platform upskill terbaik di Indonesia, menyadari bahwa pendidikan Bahasa Inggris pada anak tak cukup menyasar pada kognitif (reading, writing, listening, speaking) saja. Perlu ada pendekatan khusus yang memantik motorik dan sensori anak sehingga pembelajaran lebih optimal dan menyenangkan.

Atas dasar itulah, Cakap Kids Academy hadir sebagai superhero yang membantu anak menyongsong masa depan gemilang dengan terampil berbahasa Inggris sejak dini.

Yuk, jelajahi keunggulan Cakap Kids Academy dalam artikel ini!

Bahasa Inggris : Bekal Anak Songsong Masa Depan

Tak terasa, rupanya sudah 5 tahun aku mengikuti suami merantau di Jepang. Selama itu, kedua anak kami bersekolah di TK di Jepang. Meski begitu, kemampuan nihongo (bahasa Jepang) mereka belum terlalu mahir. Sebatas percakapan survival mode di sekolah saja.

“Kita tetap pakai Bahasa Indonesia di rumah. Nihongo akan sendirinya bisa karena dipelajari di sekolah, jadi tak perlu diajari. Mama fokus kenalkan Bahasa Inggris untuk anak-anak mulai sekarang,” begitu kata suamiku.

Maka itu, aku mulai mengubah cara parenting dengan sering membacakan buku berbahasa Inggis kepada anak-anak. Pun begitu dengan tontonan di Youtube yang harus berbahasa Inggris. Maka ketika ada kartun impor atau film dokumenter yang tayang di NHK atau TV nasional Jepang, mereka langsung mengambil remote control dan menekan tombol bilingual untuk ganti ke Bahasa Inggris.

Upaya mengenalkan Bahasa Inggris pada anak semakin gencar ketika Ibrahim, anak pertamaku, lulus TK bulan Maret lalu. Kebetulan Ibrahim tidak masuk SD di Jepang di bulan April karena akan bersekolah di Indonesia pada bulan Juli. Jadi di masa tidak bersekolah ini, aku gencar mengasah kemampuan Bahasa Inggris-nya.

Keputusan kami memprioritaskan Bahasa Inggris di atas bahasa lain karena Bahasa Inggris adalah bekal utama untuk masa depan anak-anak. Dengan menguasai Bahasa Inggris, anak-anak dapat mengakses priviledge atau hak istimewa, seperti:

Terbukanya akses ilmu dan pengetahuan global

Setelah bahasa Inggris digenggam, kesempatan akademik anak terbuka lebar. Ia bisa melanjutkan studi, mengambil lisensi, atau kursus di luar negeri.

Punya sahabat pena dari belahan bumi manapun

Bahasa Inggris membuat anak mampu berkomunikasi dengan siapapun. Jejaring pertemanan mereka akan lebih luas. Hasilnya, networking ini melatih toleransi dan tenggang rasa anak.

Siap berkompetisi secara global

Bahasa Inggris menyiapkan anak berkompetisi secara global. Membangun bisnis, misalnya. Anak akan lebih percaya diri melakukan ekspansi pasar ke luar negeri. Di bidang lain, anak bisa menduduki posisi strategis di lembaga internasional.

Peluang karir internasional terbuka lebar

Memiliki keterampilan berbahasa Inggris dapat membuka peluang karir di kancah global. Di masa depan nanti, anak bisa memilih bekerja dan tinggal di luar negeri atau bekerja di perusahaan asing secara remote dari Indonesia.

Meningkatkan keterampilan kognitif anak

Menguasai lebih dari 1 bahasa dapat meningkatkan fungsi dan daya ingat otak. Bagus untuk kecerdasan kognitif-nya.

Selain mendapat manfaat-manfaat di atas, memberi pendidikan Bahasa Inggris pada anak berarti melaksanakan amanah Ki Hajar Dewantara yakni: “Pendidikan dapat menuntun kodrat anak mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.”

 

Rendahnya Kemampuan
Bahasa Inggris Orang Indonesia

Sayangnya, meski tahu bahwa Bahasa Inggris menjanjikan kesuksesan di masa depan, mayoritas penduduk Indonesia belum memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Hal ini terlihat dari data yang dihimpun oleh English First English Proficiency Index (EF-EPI) pada tahun 2023 yang menempatkan Indonesia ada di peringkat 79 dari 113 negara, masuk dalam kategori Low Proficiency dari segi kecakapan berbahasa Inggris.

Skor EF English Proficiency Test Negara ASEAN

473

Indonesia (Low)

631

Singapura (Very High)

578

Filipina (High)

505

Vietnam (Moderate)

Lihat, sebagai negara terbesar di kawasan ASEAN, skor kemampuan Bahasa Inggris negara kita masih jauh di bawah negara ASEAN lain. Indonesia masih kalah dibanding Vietnam yang masuk kategori Moderate, Filipina dan Malaysia yang masuk kategori High, apalagi Singapura yang menduduki peringkat kedua dunia (Very High)

Pantas saja di hampir semua bidang, Indonesia ketinggalan jauh dari negara ASEAN lain. Di bidang ekonomi, misalnya. Nilai ekspor  Indonesia ada di bawah Singapura, Filipina, dan Vietnam. Dari sisi akademik, jumlah perwakilan mahasiswa Indonesia di luar negeri masih di bawah Vietnam.

Apa mau dikata, mayoritas penduduk Indonesia belum menguasai lingua franca utama dunia. Jadi, bagaimana bisa berkontestasi di ruang lingkup global bila kemampuan Bahasa Inggris saja belum mumpuni?

Selamatkan Indonesia dengan Bahasa Inggris

“Bayangkan jika 100 juta warga negara Indonesia mahir berbahasa Inggris, niscaya SDM kita bisa mengisi posisi-posisi strategis di perusahaan dunia,” kata Pak Gita Wiryawan dalam sebuah podcast.

Perkataan itu benar adanya. Jika kemampuan Bahasa Inggris penduduk Indonesia sudah meningkat, daya tawar Indonesia di tingkat global semakin meningkat. Indonesia akan lebih banyak mengirim representasinya di posisi strategis lembaga atau perusahaan internasional, daripada pekerja kasar. Alhasil, sumbangan devisa bagi Indonesia akan semakin tinggi.

Namun, apa yang menyebabkan Indonesia terkungkung di ketertinggalan ini? Bukankah sejak SD anak-anak Indonesia sudah diajari Bahasa Inggris?

Ya, kelima elemen di atas menyumbang peran besar pada level kecakapan berbahasa Inggris. Metode pengajaran yang hanya text book, teachered centered, hanya menghafal grammar, tidak melibatkan persona panca indera, serta kualitas guru yang belum mumpumi adalah faktor yang menyebabkan pembelajaran bahasa Inggris jadi tidak efektif.

Oleh karenanya, orang tua harus selektif memilih tempat belajar Bahasa Inggris agar tidak kecolongan. Cakap Kids Academy adalah kursus bahasa inggris anak online terbaik, yang memberikan pembelajaran menyenangkan dengan kurikulum yang tak hanya melibatkan kognitif, tetapi juga sensori dan motorik anak. Dengan demikian, pembelajaran Bahasa Inggris akan lebih optimal.

Menariknya lagi, kursus di Cakap bisa dilakukan baik secara offline dan online, sehingga ada opsi bagi keluarga seperti kami yang saat ini tinggal di Jepang. 

Nah, apakah kalian penasaran kelebihan-kelebihan lain dari Cakap?

Ini dia jawabannya!

Superhero Yang Melejitkan
Potensi Bahasa Inggris Anak

Layaknya pahlawan super, Cakap Kids Academy membantu anak di rentang usia 4-12 tahun untuk melejitkan potensi Bahasa Inggris dengan kurikulum berstandar global yang menyenangkan. Didampingi oleh tenaga pengajar profesional, Cakap siap berkontribusi pada bangsa dengan memberikan pendidikan Bahasa Inggris terbaik bagi anak-anak Indonesia yang akan menyongsong Indonesia Emas 2045.

 

Gunakan Metode Belajar Fun Learning
dengan Dukungan Akademik Lengkap

Dok anak sedang belajar di Cakap

Ucapkan selamat tinggal pada pembelajaran Bahasa Inggris yang membosankan! 

Cakap Kids Academy merancang metode fun learning EXPERT (Explore – Practice – Certify) yang memadukan eksplorasi perkembangan kognitif, sensorik, dan motorik anak. EXPERT berarti mengeksplorasi materi bersama tutor, praktik langsung untuk menguji materi, dan sertifikasi untuk mengukur progres belajar.

Selain itu, Cakap memberi dukungan pembelajaran berupa:
Engaging materials
Semua materi pembelajaran ditampilkan dengan teknologi menarik.
Progress report: Progres siswa akan dipantau setiap sesi kelas.
Teacher-Parent Meet: Parent memantau progres anak melalui pertemuan dengan tutor.
– Academic Support: Cakap dapat membantu anak mengerjakan tugas sekolah.
Graduation and certification: Di akhir pembelajaran akan ada kelulusan dan sertifikasi.

Cakap Kids Academy Gunakan
Standar Ajar Global CEFR

Dok. Pribadi

CEFR atau Common European Framework of Reference for Languages adalah program belajar keterampilan Bahasa Inggris yang difokuskan dalam hal spoken interaction, spoken production, listening, reading, dan writing. CEFR ini sudah diakui tak hanya di Eropa, tetapi global.

Cakap memilih metode ini karena CEFR dapat mengukur kemampuan bahasa Inggris, baik secara pasif maupun aktif. CEFR memiliki 6 level kecakapan berbahasa, yakni: A1 Beginner, A2 Elementary, B1 Intermediate, B2 Upper Intermediate, C1 Advance, C2 Proficient.

Khusus untuk anak, Cakap membagi level menjadi 3 bagian, yakni Eggs (CEFR 0), Young Caterpillar (CEFR Pre A1 Starter), dan Caterpillar (CEFR Pre A1 Mover). Pembagian kelas ini sesuai dengan hasil placement test yang sebaiknya diambil sebelum mengambil kursus di Cakap.

Saat ini, anak pertamaku yang berusia 6 tahun masuk di level Young Caterpillar 🙂

Kegiatan Pembelajaran Interaktif
Bersama Tutor Handal

Dok. Pribadi

Dari beberapa poin kelebihan Cakap, kualitas tutor adalah yang paling krusial. Tutor adalah ujung tombak dan eksekutor dari kurikulum yang diterapkan Cakap. Hebatnya, Cakap bisa mengeksekusi ini dengan baik.

Cakap menyeleksi tutor dengan sangat ketat, yakni:
– Berpengalaman min. 5 tahun mengajar Bahasa Inggris
– Bergelar master atau international teaching qualification
Memiliki sertifikat mengajar, seperti TESOL, TOEIC, TESL, HSK/HSKK

Sebagai parent yang mendampingi anak belajar di Cakap, saya melihat semua tutor di Cakap sangat kompeten dalam pengajaran Bahasa Inggris. Satu hal yang membuat Cakap ini menarik adalah kebebasan orang tua untuk memilih sendiri tutor di platform Cakap. 

Cara tutor berinteraksi dengan anak sangat interaktif dan memancing anak untuk menjawab dengan gembira. Saya bahkan terheran-heran. Pada pertemuan pertama di Cakap, anak saya sudah bisa membaca kata sederhana. Padahal, saya belum pernah mengajarinya baca kosakata dalam Bahasa Inggris! 

Tersedia Pilihan Kelas Offline dan Online

Cakap Kids Academy menawarkan dua format belajar, yakni offline dan online. 

Di kelas online ada dua pilihan belajar, yakni private (1 on 1 dengan tutor) dan semi private (3-5 anak per grup). Sedangkan di kelas offline, hanya tersedia semi private.Kid

 

Ada fasilitas menarik di kelas offline yang beda dari kursus bahasa asing anak lain, yakni fasilitas Gymnastic (playground edukatif), kelas tematik (STEM, Art, Fashion, Food Club, Story&Movie), juga Extra Class yang membantu anak mengerjakan tugas sekolah. Fasilitas ini membuat pembelajaran anak jadi lebih menyenangkan.

Saat ini, Cakap Kids Academy offline ada di Daan Mogot dan Gading Serpong. Sesaat lagi, lokasi CKA akan diperluas dan ada di 8 titik di Jabodetabek. Wah!

"Cakap hadir sebagai platform pendidikan berbasis teknologi, yang dapat menjadi pilihan utama
bagi peningkatan kualitas pendidikan dan kompetensi individu Indonesia."
Tomy Yunus
Co-founder dan CEO Cakap

Ingin mendaftarkan anak belajar bahasa Inggris di Cakap?

Daftarkan segera ananda di aplikasi Cakap dan masukkan kode referal IBRCKPSOSBF5N untuk mendapatkan diskon pembelian kelas! Oya, harga kelas mulai dari Rp. 67.800 / sesi lho!

Lihat, Cakap sejatinya adalah superhero yang menyelamatkan anak dari metode belajar bahasa yang tidak efektif. Lebih jauhnya lagi, Cakap membantu Indonesia mencetak generasi unggul yang siap berkontestasi di panggung global.

Dengan belajar di Cakap Kids Academy, mari bantu Indonesia dengan menyiapkan anak-anak terampil berbahasa Inggris sejak dini!

Sumber:

– https://cakap.com/kids-academy/

– https://drive.google.com/file/d/1gmwoIowUZjFWa3avvLpi8Ll8g5_ZS134/view

– https://www.ef.com/wwen/epi/

– https://goodstats.id/article/keren-jumlah-mahasiswa-indonesia-belajar-di-luar-negeri-terbanyak-kedua-di-asean-0t504

– https://goodstats.id/infographic/nilai-ekspor-negara-negara-asean-2022-siapa-yang-paling-tinggi-eKWvl\

– https://blog.cakap.com/cefr-adalah/

Grafis: Zahra Rabbiradlia

20 Comments on Cakap Kids Academy: Superhero Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

    winda - dajourneys.com
    July 4, 2024

    anak jaman sekarang untungnya rata2 lebih cerdas dibanding jaman kita ya mbak, jadi lebih mudah menyerap bahasa dari audiotory aja

    0
    0
    Siti Faridah
    July 4, 2024

    Seru ya kalau anak-anak bisa belajar Bahasa Inggris secara online dan offline. Kalau saya dulu les Bahasa Inggris pas udah SMP.

    0
    0
      Zahra Rabbiradlia
      July 5, 2024

      Iya sama... aku pun mulai SMP. Sekarang cara belajarnya lebih mengedepankan fun, jadi anak-anak cepat faham

      0
      0
      Okti
      July 5, 2024

      Benar sekali. Saat ini kemampuan berbahasa inggris adalah kebutuhan ya. Ibarat paspor, tanpa bahasa inggris kita sulit keluar negeri
      Senang nih belajar bahasa inggris kalau bisa interaktif dengan mentor profesional

      0
      0
    YSalma
    July 4, 2024

    Anak-anak sekarang lebih banyak wadah yang dapat dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris ya, salah satunya ikut kursus online di Cakap Kids Academy ini. Smoga dengan adanya kursus bahasa Inggris online ini kemampuan berbahasa Inggris masyarakat Indonesia skornya lebih bagus lagi.

    0
    0
      Zahra Rabbiradlia
      July 5, 2024

      iya betul. alhamdulillah sekarang akses belajar bahasa yang bagus bisa didapat secara online.

      0
      0
    Mechta
    July 4, 2024

    Pengenalan bahasa Inggris sejak dini memang penting ya.. sebagai bekal dalam pendidikan nya kelak. Terima kasih sharing infonya ya..

    0
    0
      Zahra Rabbiradlia
      July 5, 2024

      sama-sama mba 🙂

      0
      0
    Fenni Bungsu
    July 4, 2024

    Belajar bahasa Inggris ini memang perlu banget ya untuk modal masa depan si anak nantinya. Apalagi bisa dimulai sejak dini, dan cara belajarnya pun asik seperti Cakap ini

    0
    0
      Zahra Rabbiradlia
      July 5, 2024

      iya, ga bosenin banget 🙂

      0
      0
    Uniek Kaswarganti
    July 4, 2024

    Sebenarnya belajar bahasa asing itu mudah, asalkan metode pengajarannya dibikin menyenangkan. Klo udah pening mikirin grammar, yang ada malah kita jadi takut2 terus untuk melanjutkan. Mendingan memang lebih diarahkan untuk bercakap2 yaaa.. lebih seru dan langsung praktik gitu

    0
    0
      Zahra Rabbiradlia
      July 5, 2024

      Iyes bener... aku ngikutin blog postcard-nya mba Uniek. Bahasa Inggrisnya bagus sekali. aku jadi ikut belajar dari situ mba 🙂

      0
      0
    Yuni Handono
    July 5, 2024

    Belajar bahas asing itu semakin mudah asalkan prasarananya mendukung. Termasuk mengenalkan kepada anak-anak. Anak-anak itu lebih gampang menangkap hal-hal baru asal medianya tidak membosankan. Jadi salut dengan Cakap ini, pas banget dijadikan tempat belajar mengasah kemampuan bahasa Inggris untuk anak-anak. Dan memang sudah seharusnya kita menguasai bahasa asing. Sayangnya ada sebagian yang menganggap belajar bahasa asing itu menakutkan. Padahal banyak orang asing yang menguasai bahasa Indonesia. Harusnya kita bisa seperti mereka ya...supaya kita dapat menjalin hubungan secara luas dengan masyarakat di berbagai negara.

    0
    0
    lendyagassi
    July 5, 2024

    Salah satu culture yang bikin sedih adalah ketika anak-anak berbahasa Inggris aktif, mereka dianggap gak bisa bergaul dengan teman-temannya.
    Memang selain menyediakan sarana dan prasarana belajar yang menyenangkan di Cakap Kids Academy, juga menyediakan lingkungan yang tepat untuk anak-anak bisa mengembangkan kemampuan berbahasa secara aktif.

    0
    0
    Dessy Achieriny
    July 4, 2024

    Kecerdasan anakku rata2 audiotory mbak, jadi gampang banget belajar bahasa tanpa kursus dan fasih. Anakku bisa bahasa inggris, Korea dan Jepang hanya belajar via YouTube aja. Klo aku malah gak bisa cuma bahasa Indonesia doang ahaha. Bahasa inggris emang penting banget untuk bisa berkomunikasi di banyak negara.

    0
    0
      Zahra Rabbiradlia
      July 4, 2024

      Wow lucky you mba... semoga anak-anaknya nanti bisa sekolah/berkarir di luar negeri ya..

      0
      0
    Nia K. Haryanto
    July 5, 2024

    Wah keren nih tempat kursusnya. Buat anak-anak ya. Duh kepengen deh aku masukin anak-anakku yang kecil belajar Bahasa Inggris di sini. BIar bisa ngomong Bahasa Inggris dengan baik dan benar, gak hanya belajar dari game atau Youtube aja. 😀

    0
    0

Leave A Comment

"STEAM yang dipadukan dengan kemampuan komunikasi, determinasi, kegigihan, dan partisipasi jadi aspek yang dicari pencari kerja di abad ke-21."
Dr. Marshall Schott, Ph.D.
President of Sampoerna University
"STEAM yang dipadukan dengan kemampuan komunikasi, determinasi, kegigihan, dan partisipasi jadi aspek yang dicari pencari kerja di abad ke-21."
Dr. Marshall Schott, Ph.D.
President of Sampoerna University